Jumat, 14 Desember 2012

Mancing Kakap Putih Di Semarang dan Demak


ZonaMancing – Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah ini menyimpan potensi mancing yang sangat menjanjikan. Seakan telah menjadi ciri tersendiri bagi kota-kota di pesisir Pantura, kakap putih juga merupakan spesies yang banyak hidup (dan banyak diburu) di perairan payau dan pinggiran pantai di kota ini.

Menurut pemancing asal Semarang bernama Dindy Mesachrista Tan kepada MancingOnline.Com, lokasi mancing kakap putih di Semarang tersebar di banyak tempat. Membentang di sepanjang pesisir kota Semarang, memanjang hingga daerah Demak dan juga Kendal. Spot-spot itu menurutnya tersebar merata di sepanjang pesisir yang memiliki struktur karang yang bagus dan atau di sekitar lokasi pabrik-pabrik di pinggir pantai (seperti di sekitar Sriboga Ratu Raya dan Indonesian Power).
“Kita juga bisa memancing kakap putih di muara sungai di sekitar tambak-tambak. Tapi biasanya yang dekat tambak ini sulit mengaksesnya,” ucapnya. Dindy menambahkan bahwa pada bulan-bulan ini spot yang paling on fire adalah spot mancing di Dam Merah, rumpon kapal tenggelam Yakoba, Karang Ujung Negoro dan daerah Kali Bodri (Kendal). “Sizenya sih memang tidak besar-besar sekali, antara 1-3 kiloan. Terkadang kalau beruntung kita bisa mendapatkan size 15 kiloan. Perhitungan waktu memancing yang tepat sangat berpengaruh pada hasil mancing kita. Di Semarang waktu memancing kakap putih yang paling pas adalah pada bulan-bulan Maret hingga Juni,” ujarnya lagi.
Untuk para pemancing luar daerah yang tertarik memburu kakap putih Semarang Dindy mengingatkan agar pemancing menggunakan rangkaian pancing dengan kail paling bawah yang diikat dengan “kumis” sepanjang 15 cm. Di atas persis “kumis” diberi timah pemberat (bisa timah lipat atau timah biasa sebesar 1 ruas jari kelingking). “Timahnya jangan terlalu berat Mas, karena umpan yang kita pakai kan udang putih hidup. Ini agar udang bisa bergerak dengan bebas.”
Dindy menambahkan agar pemancing juga menggunakan tali pancing monofilamen setidaknya kelas 15 hingga 30 lbs. “Cara mancing kakap putih paling efektif di Semarang adalah dengan cara melemparkan umpan hidup itu ke dekat lokasi kakap putih kemudian menyeretnya perlahan-lahan sekali maka chance strike akan sangat besar,” tegas Dindy menutup pembicaraan. Nantikan selalu laporan perjalanan mancing kakap putih Semarang yang akan segera digelar oleh Majalah Mancing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar